Dampak aktivitas pertambangan berupa pembukaan jalan ke lokasi pertambangan biji nikel dengan menggusur bukit di pinggiran sungai Kecamatan Bahadopi, oleh PT Bintang Delapan Mineral (BDM), menyebabkan puluhan hektare lahan pertanian tertimbun lumpur. Kondisi tersebut membuat para petani menelantarkan lahan pertanian yang selama bertahun-tahun menjadi mata pencarian mereka.

Menurut Kepala Desa Baho Makmur, Kecamatan Bahadopi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Sapri, Sabtu (2/4) kerusakan lahan pertanian tersebut telah berlangsung selama dua tahun terakhir ini atau sejak PT BDM mulai melakukan eksploitasi tambang biji nikel di wilayah Blok Bahadopi pada 2009. Kondisi tersebut membuat para petani terpaksa menelantarkan lahan pertanian.

“Petani terpaksa menelantarkan lahan mereka karena setiap kali hujan turun meterial timbunan tanah pembukaan jalan menuju lokasi galian tambang nikel meluber dibawah arus air hingga menimbun lahan pertanian,” kata Sapri, dari 500 hektare lahan pertanian di Desa Baho Makmur yang rusak tertimbun material tambang sekitar 40 hektare.

Kondisi serupa juga terjadi di desa Keurea yang masih dalam kawasan desa lingkar tambang. Di desa tersebut seluas 150 hektare

lahan pertanian yang dikelola kini tinggal 15 hektar. Selebihnya, rusak tertimbun material tanah dari galian tambang.

Salah satu petani setempat, Abdul Malik mengaku, akibat kerusakan lahan pertanian miliknya saat ini dirinya dan puluhan petani desa tidak dapat mengelola lahan pertanian sehingga dirinya memilih bekerja sebagai buruh bangunan. “Kalau teman-teman petani lainnya memilih bekerja sebagai buruh di perusahaan,” kata Malik.

Namun, humas PT BDM Fikri yang dihubungi secara terpisah mengaku, selama ini pihak perusahaan belum mendapat laporan terkait lahan pertanian warga yang rusak akibat aktivitas pertambangan

MEDIA INDONESIA.COM:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s